PUISI
A. Pengertian
1. Slamet
Muljana
2. James
Reeves
3. Coleridge
4. Clive
Sanson
5. Herbert Spencer
6. Samuel
Johnson
7. P.B.
Shelley
8. Thomas
Carlyle
B. Ciri-ciri
1. Pemadatan
segala unsur kekuatan bahasa
2. Penyusunannya
diatur sebaik-baiknya
3. Berisi
ungkapan pikiran dan perasaan
4. Bahasanya
(umumnya) konotatif
5. Dibentuk
oleh unsur fisik dan unsur batin
C. Unsur-
unsur
1. Unsur
Fisik
a. Diksi
b. Majas
c. Rima/
Irama
d. Tipografi
2. Unsur
Batin
a. Makna
dan tema
b. Perasaan
(feeling)
c. Nada
dan Suasana
d. Amanat
D. Puisi
Lama
1. Mantera
2. Bidal
3. Pantun
kilat/ Karmina
4. Pantun
a. Pantun
Anak-anak
1) Pantun
suka cita
2) Pantun
duka cita
b. Pantun
Orang Muda
1) Pantun
dagang (nasib)
2) Pantun
muda
a) Pantun
perkenalan
b) Pantun
cinta berahi
c) Pantun
perceraian
d) Pantun
beriba hati
c. Pantun
Orang Tua
1) Pantun
nasihat
2) Pantun
agama
3) Pantun
adat
5. Pantun
berkait/ Pantun Rantai
6. Talibun
7. Seloka
8. Gurindam
9. Bentuk
Puisi Lama yang lain
a. Masnawi
b. Ruba’i
c. Kit’ah
d. Gazal
e. Nazam
E. Puisi
Baru
1. Distikhsan
2. Terzina
3. Kuatren
4. Kuint
5. Sektet
6. Septima
7. Oktaf/
Stanza
8. Soneta
atau Sonet
9. Puisi
bebas
F. Jenis
Karya Puisi
1. Puisi
Transparan
2. Puisi
Prismatis
3. Puisi
Kontemporer
4. Puisi
Mbeling
G. Berdasarkan
Isi Puisi
1. Romance
2. Elegi
3. Ode
4. Himne
5. Epigram
6. Satire
7. Balada
H. Pemahaman
Puisi
1. Mengubah
larik puisi
2. Pertalian
makna pada larik
I. Macam-macam
Makna
1. Makna
Lugas
2. Makna
Kias
3. Makna
Lambang
4. Makna
Utuh
a. Enjambemen
b. Interpolasi
c. Kelompok
Kata
d. Makna
Citraan
A. Nilailah
pembacaan puisi teman-temanmu dengan kriteria: lafal, intonasi, penghayatan,
mimik/gerak, dan ekspresi! Nilai terendah 10, nilai tertinggi 20.
No
|
Nama
|
Lafal
|
Intonasi
|
Penghayatan
|
Mimik/gerak
|
Ekspresi
|
Jumlah
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
|
|
|
|
|
|
|
22.
|
|
|
|
|
|
|
|
23.
|
|
|
|
|
|
|
|
24.
|
|
|
|
|
|
|
|
25.
|
|
|
|
|
|
|
|
26.
|
|
|
|
|
|
|
|
27.
|
|
|
|
|
|
|
|
28.
|
|
|
|
|
|
|
|
29.
|
|
|
|
|
|
|
|
30.
|
|
|
|
|
|
|
|
31.
|
|
|
|
|
|
|
|
32.
|
|
|
|
|
|
|
|
33.
|
|
|
|
|
|
|
|
34.
|
|
|
|
|
|
|
|
35.
|
|
|
|
|
|
|
|
36.
|
|
|
|
|
|
|
|
37.
|
|
|
|
|
|
|
|
38.
|
|
|
|
|
|
|
|
39.
|
|
|
|
|
|
|
|
40.
|
|
|
|
|
|
|
|
41.
|
|
|
|
|
|
|
|
42.
|
|
|
|
|
|
|
|
43.
|
|
|
|
|
|
|
|
44.
|
|
|
|
|
|
|
|
45.
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Tuliskanlah
tanggapanmu secara objektif berdasarkan pengamatanmu terhadap pembacaan puisi teman-temanmu.
“TETAP BERUSAHA HINGGA LELAH DAN RESAH MENYERAH KEPADA
KITA!
Kiat cerdas membaca puisi:
Jenis-jenis
tekanan yang harus diperhatikan dalam membaca puisi:
a. Tekanan
dinamik, ialah tekanan keras pada kata-kata terpenting dalam larik puisi.
b. Tekanan
nada, yaitu perasaan gembira, marah, keheranan dengan menaikkan suara; dan
perasaan sedihdengan menurunkan suara.
c. Tekanan
tempo, yaitu lambat cepatnya pengucapan sukukata atau kalimat.
d. Jangan
menaikkan suara dan langsung menurunkannya, lakukan secara bertahap!
Faktor-faktor
seperti mimik, gerak-gerik, dan kelancaran pengucapan,serta sikap tenang dan
wajar juga harus diperhatikan. Hal ituakan memberikan kesan kepada penonton
bahwa pembaca puisi menguasai atau menghayati puisi yang dibacakannya.
A. Nilailah
pembacaan pantun teman-temanmu dengan kriteria: lafal, intonasi, dan ekspresi!
Nilai terendah 50, nilai tertinggi 100, dengan interval 5.
No
|
Nama
|
Lafal
|
Intonasi
|
Ekspresi
|
Jumlah
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
21.
|
|
|
|
|
|
22.
|
|
|
|
|
|
23.
|
|
|
|
|
|
24.
|
|
|
|
|
|
25.
|
|
|
|
|
|
26.
|
|
|
|
|
|
27.
|
|
|
|
|
|
28.
|
|
|
|
|
|
29.
|
|
|
|
|
|
30.
|
|
|
|
|
|
31.
|
|
|
|
|
|
32.
|
|
|
|
|
|
33.
|
|
|
|
|
|
34.
|
|
|
|
|
|
35.
|
|
|
|
|
|
36.
|
|
|
|
|
|
37.
|
|
|
|
|
|
38.
|
|
|
|
|
|
39.
|
|
|
|
|
|
40.
|
|
|
|
|
|
41.
|
|
|
|
|
|
42.
|
|
|
|
|
|
43.
|
|
|
|
|
|
44.
|
|
|
|
|
|
45.
|
|
|
|
|
|
B. Tuliskanlah
tanggapanmu secara objektif berdasarkan pengamatanmu terhadap pembacaan pantun
teman-temanmu.
“SELAMAT BERUSAHA! KITA PASTI BISA, YAKINLAH!
A. Nilailah
pembacaan puisi karya teman-temanmu dengan kriteria: lafal, intonasi,
penghayatan, mimik/gerak, dan ekspresi! Nilai terendah 10, nilai tertinggi 20.
No
|
Nama
|
Lafal
|
Intonasi
|
Penghayatan
|
Mimik/gerak
|
Ekspresi
|
Jumlah
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
18.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
19.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
20.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
21.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
22.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
23.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
24.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
25.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
26.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
27.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
28.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
29.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
30.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
31.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
32.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
33.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
34.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
35.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
36.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
37.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
38.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
39.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
40.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
41.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
42.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
43.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
44.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
45.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
C. Tuliskanlah
tanggapanmu secara objektif berdasarkan pengamatanmu terhadap pembacaan puisi karya
teman-temanmu.
Kiat
cerdas untuk menulis puisi dengan baik:
a.
Percaya dirilah bahwa kita
dapat menulis puisi. Semakin banyak berlatih, pasti puisi kita akan semakin
baik kualitasnya.
b.
Rajinlah menyimak puisi
karya penyair terkenal.
c.
Asahlah kepekaanmu terhadap
dunia sekitar dan perasaan diri sendiri.
d.
Tulislah puisi dengan
kejujuran hati karena sejatinya menulis puisi adalah mencurahkan perasaan
penyair terhadap tema tertentu.
“Kita bisa bila kita terus mencoba”
“Lancar kaji karna diulang/ alah bisa karena biasa”
Pantun
adalah salah satu bentuk karya sastra lama yang terdiriatas empat bait
(kuplet). Setiap bait terdiri atas emapat barisyang bersajak (a-b-a-b), tiap
baris umumnya terdiriatas empat kata, baris petama danbaris kedua merupakan
tumpuan (sampiran) sedangkan baris ketiga dan keempat merupakan isi.
Agar
mudah dalam membuat pantun, tentukan dulu isinya baru buatkan sampirannya.
Contoh
pantun:
a. Sikap
luwak laku sonohong
Gelana
ikan bersampir duri
Bercakap
banyak biasa berbohong
Lama-lama
akhirnya mencuri
|
b. Singkarak
kotanya tinggi
Asampauh
dari seberang
Awan
berarak ditangisi
Badan
jauh di rantau orang
|
c. Gunung
daik timang-timang
Tempat
kera bermain tali
Budi baik
tolong kenang
Budi
jahat buang sekali
|
d. Padang
panjang dilingkar bukit
Bukit
dilingkung buah pala
Kasih
sayang bukan sedikit
Sebanyak
rambut di kepala
|
e. Burung
nuri burung dara
Terbang
sisi taman kayangan
Cobalah
cari wahai saudara
Makin
diisi makin ringan
|
f. Kemumu
di dalam semak
Jatuh
melayang selaranya
Meski
ilmu setinggi tegak
Tidak
sembahyang apa gunanya
|
Contoh
pusi baru
R.
Asmas Iman Hadimanto S.M
Wajah-wajah
Tengadah
menatap bulan lengah
Tertunduk
lemah jauh lebih lemah
Malam
yang pucat
Menelurkan
angin yang datang
Dari
ujung jauh berlomba dengan derita yang menghimpit
Berlarian
menuju wajah-wajah
Tak
berdaya lelah berkutat
Salahkah
bila sudah terlalu capai
Mengalah
untuk sejenak
Mesti itu berarti mati
Salahkah
bila in wajah kembali tak memiliki senyum
-bahkan
airmata pun enggan menetes
Mungkin
karena telah terlalu lelah
Wajah-wajah
Tengadah
menatap bulan matahari yang pongah
Lalu
tertunduk lemah jauh lebih lemah
Wajah-wajah
berpaling dan aku terkejut
Wajah-wajah
polos!
Tak
ada mata, hidung, dan bibirnya
Wajah-wajah?
Serupa
saja?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar